Minggu, 18 Desember 2011

Pancasila sebagai ideologi yang terbuka


Soal :
Pancasila sebagai ideologi yang terbuka. Apakah arti keterbukaan ideologi Pancasila itu, apa factor-faktor yang mendorong keterbukaannya, dan  apakah tidak mengandung bahaya bagi kelestariannya, serta apa batas-batas keterbukaan ideologi Pancasila
Jawab :
               Pancasila sebagai ideologi yang terbuka dalam kaitannya dengan system pemikiran merupakan hasil dari pemikiran terbuka (demokratis). Perlunya ideologi bagi suatu bangsa adalah untuk menjawab dan mengahadapi perkebangan global dan sebagai sumber inspirasi bagi perjuangan perkembangan selanjutnya.
               Ideologi terbuka adalah ideologi yang dapat berinteraksi dngan perkembangan zaman dan adanya dinamika internal. Ideologi terbuka tetap aktual, selalu berkembang dan dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada.
               Di era globalisasi, dimana hubungan antarbangsa sedemikian erat membangun masyarakat modern berarti harus membuka diri agar tidak tertinggal oleh kemajuan bangsa-bangsa lain. Ketika meletakan dasar-dasar negara modrn, kita tidak saja menyerap masuk teknologi, ilmu pengetahuan, dan ketrampilan lain dari luar, akan tetapi menyrap pula nilai-nilai sosial dan politik yang berasal dari kebudayaan lain.
             Penyusupan ideologi, baik secara langsung maupun tidak langung, merupakan salah satu cara suatu negara menanamkan penagaruhnya kepada negara lain. Permasalahan bangsa dan negara yang begitu banyak dijadikan obyek dan sasaran untuk menyusupkan ideologi asing, dalam hal ini adalah idoelogi liberal. Kenyataan menunjukan bahwa liberalisme telah mendorong dan mempercepat arus perubahan dunia, sehingga pergeseran nilai-nilai esensial di masyarakat sulit dibendung.
               Kondisi bangsa di era reformasi sekarang ini masih jauh dari harapan sebagaimana yang diamanatkan oleh Pembukaan UUD 1945. Persoalan-persoalan bangsadan negara semakin banyak dan menumpuk. Kerusuhan massa dan ancaman didintegrasi bangsa terus membanyangi gerak maju bangsa. Kerusakan alamakibat keserakahan manusia meningkat tajam. Dan masih banyak persoalan lainnya lagi. Persoalan-persoalan inibisa diatasi apabilaseluruh rakyat Indonesia kembali kepada ideologi yang sudah disepakati bersama, yakni Pancasila.
Factor mendorong pemikiran mengenai keterbukaan ideologi Pancasila adalah :
a.      Kenyataan dalam proses pembangunan nasional dan dinamika massyarakat yang berkembang secara cepat.
b.      Kenyataan menunjukan bahwa bangkrutnya ideologi yangtertutup dan bekucendrung meredup perkembangan dirinya.
c.       Pengalamansejarah politik kitadimasa lampau.
d.      Tekad untuk memperkukuh kesadaranakannilai-nilai dasar pancasila yang bersifat abadi dan hasrat mengembangkan secar kreatif dan dinamisdalam rangka mencapai tujuan nasional.

Keterbukaan ideologi Pancasila ada batas-batasnya yangtidakboleh dilanggar, yaitu:
a.      Stabilitas nasionalyang dinamis
b.      Larangan terhadap ideologi komunis, marxisme,dan leninisme
c.       Mencegah berkembangnya paham liberal larangan terhadap pandangan ekstrim yang dapat menggelisahkan kehidupan masyarakat








                                            







 






                                 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar