Minggu, 18 Desember 2011

pancasila dianggap sakti


Soal :
Pancasila pada hakekatnya adalah sebagai pandangan hidup bangsa dan dasar negar. Mengapa pancasila dianggap sakti hingga harus dilestarikan ?
Jawab :
Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum dan merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia. Oleh karena pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum, maka seluruh kehidupan ketatanegaraan negara Republik Indonesia harus didasarkan oleh Pancasila. Sebagai dasar negara, Pancasila menjiwai hukum dasar tertulis (konstitusi) sekaligus sebagai dasar untuk mengatur jalannya pemerintahan negara Republik Indonesia. Pancasila juga memberi arah yang jelas bagi bangsa Indonesia dalam meraih cita-cita masyarakat yang adil dan makmur. Pancasila sebagai dasar hukum negara harus menjiwai segala peraturan perundang-undangan yang mengatur segala  tata kehidupan dasar untuk mengatur penyelenggaraan jalannnya pemerintahan. Dalam buku ketatanegaraan sering dikatakan bahwa kedudukan Pancasila merupakan staats idee atau sebagai philosophische grondslag negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga Pancasila berada di posisi atas dan menjadi sumber hukum dasar nasional.
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa sebenarnya merupakan perwujudan dari nilai-nilai budaya milik bangsa Indonesia sendiri yang diyakini kebaikan dan kebenarannya. Pancasila digali dari budaya bangsa sendiri yang sudah ada, tumbuh, dan berkembang berabad-abad lamanya. Oleh karena itu, Pancasila adalah khas milik bangsa Indonesia sejak keberadaannya sebagai sebuah bangsa. Pancasila mengrakum nilai-nilai yang sama yang terkandung dalam adat-istiadat, kebudayaan, dan agama-agama yang ada di Indonesia. Dengan demikian, Pancasila sebagai pandangan hidup mencerminkan jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia.
Oleh karena itu, melalui pancasila kehidupan ketatanegaraan bangsa Indonesia memiliki suatu pedoman, dasar, atau suatu sumber untuk menuntun perjalanan menuju tujuannya. Serta dengan Pancasila, bangsa Indonesia mampu menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapi dan mampu mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa atas dasar Bhineka Tunggal Ika.
           


PANCASILA

Oval: Staats Idee
Atau
Philisophische GroundslagOval: ● Pedoman dan penuntun masyarakat
● Digali dari budaya bangsa sendiri yang sudah ada, tumbuh dan berkembang berabad-abad.                                               










Tidak ada komentar:

Posting Komentar