Selasa, 30 April 2013

DATA DAN VARIABEL

► Pengertian data
Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.

► Pengertian Variable
Variabel adalah suatu besaran yang dapat diubah atau berubah sehingga mempengaruhi peristiwa atau hasil penelitian. Dengan menggunakan variabel, kita akan mmeperoleh lebih mudah memahami permasalahan. Hal ini dikarenakan kita seolah-olah seudah mendapatkan jawabannya. Biasanya bentuk soal yang menggunakan teknik ini adalah soal counting (menghitung) atau menentuakan suatu bilangan. Dalam penelitian sains, variable adalah bagian penting yang tidak bisa dihilangkan.

Macam-macam variabel yaitu
1) variabel independen merupakan variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya.
2) variabel dependen merupakan variabel yang dipengaruhi karena adanya variabel independen
3) variabel moderator merupakan variabel yang mempengaruhi variabel independen dan dependen
4) variabel intervening adalah variabel yang secara teoritis mempengaruhi hubungan antara variabel independen dengan dependen menjadi hubungan yang tidak langsung dan tidak dapat diamati dan diukur.
5) Variabel kontrol adalah variabel yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga hubungan variabel independen terhadap dependen tidak dipengaruhi oleh faktor luar yang tidak diteliti. Pengumpulan data merupakan salah satu hal yang harus dilakukan guna mencapai tujuan penulisan.
Ada 4 metode pengumpulan data, yakni :
· Wawancara
Ø Merupakan sebuah pertukaran informasi antara pewawancara dengan yang diwawancarai.
Ø Perlu ada perencanaan dan tujuan khusus. Ø Terdiri dari pertanyaan dan menjawab pertanyaan.
Ø Tujuannya mendapatkan informasi dari narasumber/informan untuk keperluan proses pengambilan maupun evaluasi kebijakan publik.
Ø Metode yang paling efektif.

· Observasi
Ø Menurut Nawawi & Martini (1991) observasi adalah pengamatan dan pencatatan secara sistimatik terhadap unsur-unsur yang tampak dalam suatu gejala atau gejala-gejala dalam objek penelitian.
Ø Menurut Patton (dalam Poerwandari 1998) tujuan observasi adalah mendeskripsikan setting yang dipelajari, aktivitas-aktivitas yang berlangsung, orang-orang yang terlibat dalam aktivitas, dan makna kejadian di lihat dari perpektif mereka yang terlihat dalam kejadian yang diamati tersebut.

· Kuisioner
Kuesioner merupakan daftar pertanyaan yang akan digunakan oleh periset untuk memperoleh data dari sumbernya secara langsung melalui proses komunikasi atau dengan mengajukan pertanyaan.

 · Angket
Angket adalah teknik pengumpulan data dengan menyerahkan atau mengirimkan daftar pertanyaan untuk diiisi sendiri oleh responden.
Responden adalah orang yang memberikan tanggapan atas angket yang diajukan.

Sumber web:
http://syahrulhavianto.blogspot.com/2012/05/data-adalah-catatan-atas-kumpulan-fakta.html http://amarfalsafi.blogspot.com/2012/04/metode-pengumpulan-data-pengertian-daa.html http://evn011191.blogspot.com/2012/04/pengumpulan-data-jenis-datavariabel.html http://eziekim.wordpress.com/2011/03/28/metode-pengumpulan-data 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar