Suatu
perusahaan banyak aktivitas yang dilakukan tidak hanya menghasilkan produk atau
jasa, menetapkan harga, dan menjual produk atau jasa, tetapi banyak aktivitas
lainnya yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Salah satunya adalah promosi,
kegiatan promosi adalah salah satu bagian dari bauran pemasaran perusahaan,
yang isinya memberikan informasi kepada masyarakat atau konsumen tentang produk
atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Tidak hanya itu, kegiatan promosi
merupakan kegiatan komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan atau konsumen.
Perusahaan
dewasa ini menganggap bahwa promosi merupakan bagian
penting
dari pemasaran, karena pihak perusahaan berharap dengan promosi
yang
dilaksanakan
secara efektif dapat meningkatkan kualitas produk atau jasa perusahaan sesuai
dengan target penjualan yang telah ditetapkan dan dapat bersaing dengan perusahaan
lain yang menghasilkan produk atau jasa yang sejenis. Dengan pandangan demikian
perusahaan berharap dengan dilaksanakannya kegiatan promosi secara berkesinambungan
dan terarah akan mampu mencapai hasil penjualan dan keuntungan yang maksimal.
Peneliti
akan mengemukakan beberapa pendapat dari para ahli pemasaran dan praktisi
tentang penelitian promosi, yaitu sebagai berikut :
Pengertian promosi menurut Djaslim
Saladin dan Yevis Marty Oesman (2002 : 123) :
“Promosi
adalah suatu komunikasi informasi penjual dan pembeli yang
bertujuan
untuk merubah sikap dan tinakah laku pembeli, yang sebelumnya tidak
mengenal
menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan mengingat produk
tersebut”.
Sedangkan
pengertian promosi menurut Buchari Alma (2006 : 179) adalah :
“Promosi
adalah sejenis komunikasi yang memberi penjelasan dan
meyakinkan
calon konsumen mengenai barang dan jasa dengan tujuan untuk
memperoleh
perhatian, mendidik, mengingatkan dan meyakinkan calon konsumen”.
Promosi
merupakan alat komunikasi dan penyampaian pesan yang dilakukan baik oleh
perusahaan maupun perantara dengan tujuan memberikan informasi mengenai produk,
harga dan tempat. Informasi itu bersifat memberitahukan, membujuk, mengingatkan
kembali kepada konsumen, para perantara atau kombinasi keduanya. Dalam promosi
juga, terdapat beberapa unsur yang mendukung jalannya sebuah promosi tersebut
yang biasa disebut bauran promosi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar