Selasa, 20 Januari 2015

….The Next…#?#$



….The Next…#?#$

Etika bisnis adalah cara-cara untuk melakukan kegiatan bisnis,yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, industry, dan juga masyarakat. Kesuaan ini mencakup bagaimana kita menjalankan bisnis secara adil, sesuai dengan hukum yang berlaku, dan tidak tergantungan pada kedudukan individu ataupun perusahaan dimasyarakat.
Etika bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma, dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelangga/mitra kerja, pemegang saham, dan masyarakat.
CSR (Corporate Social Responsibility) adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap sosialmaupun lingkungan sekitar  dimana perusahaan itu berada.
Contoh tanggung jawab yang dilakukan, melai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk masyarakat yang bersifat social dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat disekitar perusahaan.
Apa manfaat dari CSR ?
1.   Meningkatkan citra perusahaan
2.   Memperkuat “Brand” perusahaan
3.   Mengembangkan kerjasama dengan para pemangku kepentingan
4.   Membedakan perusahaan dengan pesaing
5.   Menghasilkan inovasi dan pembelajaran untuk meningkatkan pengaruh perusahaan
6.   Membuka akses untuk investasi dan pembiayaan bagi perusahaan
7.   Meningkatkan harga saham

PT. Indofood CBP sebagai perusahaan Total Food Solution memiliki kepedulian dalam upaya pengembangan penganekaragaman pangan dan ketahanan pangan nasional.
Tanggung jawab social perusahaan
Misi :
Sepanjang tahun 2011, ICBP terus melanjutkan komitmenya untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat melalui kegiatan tanggung jawab social perusahaan atau CSR. Perseroan meyakini bahwa dengan melakukan program CSR yang berkelanjutan akan dapat memberikan kontribusi positif bagi kepada masyarakat. Pilar-pilar CSR yang diadopsi dari perusahaan induk, Indofood memiliki focus utama yaitu membangun sumber daya manusia, partisipasi aktif dalam kegiatan komunitas, peningkatan nilai ekonomi, menjaga kelestarian lingkungan hidup, dan solidaritas kemanusiaan.
Partisipasi dalam pengembangan ini kemudian diwujudkan melalui program BISMA (Beasiswa Indofood Sukses Makmur) yaitu program beasiswa kepada anak-anak kurang mampu dan anak-anak karyawan sebagai salah satu program CSR Indofood yang berada dalam pilar “Pembangunan Sumber Daya Manusia”
Indofood meyakinin pendidikan sebagai factor utama dalam pembangunan sumber daya manusia. Dukungan Perseroan diwujudkan dengan cara membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mengikuti pendidikan formal maupun non-formal, medukung kegiatan pengembangan riset, dan meningkatkan kompetensi para guru.
Beasiswa Indofood Sukses Makmur setiap tahun Perseroan memberikan beasiswa bagi anak-anak yang berprestasi . selam tahun 2011, sekitar 1.570 anak-anak telah memperoleh bantuan beasiswa yang diberikan untuk tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Melalui bantuan pendidikan ini, perseroan ingin mendorong anak-anak sedang sepenuh hati menggali potensi diri.

Kesimpulan :
Program CSR PT. Indofood CBP sangantlah bermanfaat melalui kegiatan-kegiatan yang berbasis cinta akan pendidikan nasioanal serta pembekalan bagi para penerima beasiswa meningkatkan  kreativitas, membangun percaya diri, sikap disiplin, dan jiwa kewarganegaraan yang positif. 


referensi :
- www.indofoodcbp.com
- srinurdianti26.wordpress.com
-   id.m.wikipedia.org/wiki/Pemangku_kepentingan
-   Lailasoftskill.blogspot.in/2013/10/2-etika-dalam-bisnis.html